Grand Desain Pendidikan Kesataraan
A. Konsep Layanan Melalui Jalur PNF
Pendidikan adalah kebutuhan penting bagi kehidupan manusia dan dilakukan oleh manusia untuk pengembangan nilai-nikai moral, pengetahuan, sikap, dan keterampilan yang dibutuhkan bagi peradaban manusia.
Konsep layanan PNFI meliputi layanan pendidikan keaksaraan, Pendidikan anak usia dini, Pendidikan kesetaraan, Pendidikan berkelanjutan dengan berbasisi pendidikan kecakapan hidup dengan memperhatikan kesetaraan gender.
B. Konsep Layanan Pendidikan Kesetaraan
Spektrum pendidikan kesetaran adalah suatu program yang menggambarkan kegiatan pendidiikan bernuatan akademik, vocational skills, dan terintegerasi keduanya yang didasarkan pada kebutuhan sasaran. Spektrum pendidikan kesetaraan untuk menjawab kepentingan peserta didik baik dari sisi kompetensi akademik maupun dari sisi kompetensi keterampilan dan mata pencaharian. Ketiga spektrum tersebut adalah :
1. Kesetaraan murni akademik (KMA)
2. Kesetaran Integrasi Keterampilan (KIK)
3. Kesetaraan Murni Keterampilan (KMK)
Secara operasional spektrum pertama diselenggarakan melalui pola transformasi pembelajaran akademik dengan pilihan sistem reguler, terbuka, dan akselerasi. Spektrum kedua diselenggarakan melalui transformasi pembelajaran akademik yang terintegrasi keterampilan dengan pilihan sistem reguler dan akselerasi. Spektrum ke tiga diselenggarakan melalui transformasi pembelajran keterampilan dengan sisitem reguler berdasarkan standar kompetensi keterampilan yang dipilih.
1. Pembelajaran Kelompok Belejar Reguler
Adalah sistem pembelajaran yang menekankan pada kemampuan peserta didik melalui pertemuan secara langsung antara peserta didik dengan tutor / pendidik. Tujuan pembelajaran reguler adalah :
a. Mengurangi keragaman kecepatan belajar dari peserta didik agar mencapai suatu tingkat pencapaian kompetensi tertentu sesuai denga tujuan pembelajaran yang telah disusun secara sistematis dan terstruktur.
b. Meningkatkan kualifikasi akademik peserta didik.
c. Memberikan pembelajaran secara reguler bagi mata pelajaran yang disajikan pada Ujian Nasional.
2. Pembelajaran Kelompok Belajar Intensif
Merupakan suatu sistem pembelajaran yangmenekankan belajar secara tutorial dan menggunakan modul dalam pendekatan belajarnya.
3. Pembelajaran Kelompok Belajar Tertutup
Adalah sistem pembelajaran yan menekankan belajar mandiri dan peserta didiknya bebas menentukan pilihan pembelajaran dalam mencapai kompetensinya.
Spektrum kurikulum Program Paket A, Paket B, dan Paket C dimaksudkan untuk mencapai standar kompetensi lulusan sesuai dengan Permen Diknas 23/2006 dengan orientasi pengembangan olahkarya untuk mencapai keterampilan fungsional yang menjadi kekhasan program-program Paket A, Paket B, dan Paket C yaitu :
a. Paket A : memiliki keterampilan untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.
b. Paket B : memiliki keterampilan untuk memnuhi tuntutan dunia kerja.
c. Paket C : memiliki keterampilan berwirausaha.
Jadi pendidikan kesetaraan mengandung 3 pola yang diharapkan dapat membawa perubahan mendasar pada program kesetaraan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar